Wednesday, July 18, 2018

[Buku] Momwriter's Diary

Momwriter's Diary


Judul          : Momwriter's Diary
Penulis       : Dian Kristiani
Penyunting : Marina Ariyani
Desain dan Tata Letak: Helen Lie
Ilustrasi cover dan komik: Indra Bayu
Penerbit      : PT. Bhuana Ilmu Populer
Tahun Terbit: 2013
Halaman     : 139 halaman
ISBN            : 978-602-249-618-2
 
Buku Momwriter's Diary
Blurb:
Kata siapa menjadi penulis itu susah? Enggak tuh, Dian Kristiani sudah membuktikannya. Sehari - hari, Dian disibukkan dengan urusan rumah tangga dengan segala tetek-bengeknya. Namun, dia tetap bisa menjadi seorang penulis profesional. Momwriter! Itulah julukannya sekarang. Dian sudah membuktikan bahwa semua orang bisa penulis profesional, termasuk ibu rumah tangga.

Lewat buku ini, Dian membagi pengalamannya di dunia menulis. Dimulai dari kisahnya merintis menjadi seorang penulis. Misalnya, mengirim naskah, lebih baik kirim langsung ke penerbit atau melalui agen. Ada juga soal plagiarisme, royalti, atau jual putus naskah, hingga menulis sinopsis sebuah naskah. Buku ini juga dilengkapi dengan komik - komik yang menghibur. Jadi, baca saja buku ini dan kamu akan tahu bahwa menjadi penulis itu tidak susah!

Ulasan:
Ternyata, penerbit itu tidak peduli apakah kita ini seorang maestro atau pemula. Mereka bahkan mungkin tidak peduli, siapa namamu dan jenis kelaminmu. Mereka hanya memedulikan naskahmu. Baguskah naskahmu? Apakah nantinya laku di pasaran? (hal 3)

Dari judulnya sudah ketahuan kalau buku ini berisi tentang kehidupan seorang penulis. Buku yang dikemas cakep ini memberikan tips-tips yang tak bisa dilewatkan oleh mereka yang ingin menjadi penulis. 

Di dalam buku ini Mbak Dian juga memberikan rahasianya bagaimana dia bisa produktif pake banget. Kamu yang bingung soal plagiarisme itu contohnya kaya gimana, bakal dijelaskan juga di sini.

Dari buku ini bisa tahu deh, bagaimana harus bersikap kalau misal berasa di PHP-in penerbit. Aduuh,,, itu yang namanya di PHP-in emang nggak enak, ya. Tapi, di sini Mbak Dian memberikan tips yang menurutku, “Wah, iya juga ya!”. Intinya jangan misuh-misuh.

Tips menulisnya itu mulai dari mendapatkan ide menulis, mengajukan ke penerbit, sampai cara promosi buku kalau udah terbit. Karena tugas seorang penulis itu tidak selesai ketika buku sudah terbit. Masih terus lanjut promosi kalau mau bukunya diketahui banyak orang.

Ada bagian tanya-jawab yang pertanyaannya mungkin mewakili sebagian besar mereka yang ingin menjadi penulis atau mereka para penulis pemula (seperti saya). Pas baca sesi tanya jawab, berasa, “Ini yang ingin saya tanyakan juga”  😆

Komik di buku Momwriter's Diary

Asyiknya buku ini tidak berkesan menceramahi dan nggak ngebosenin. Apalagi ada 21 komik yang lucu tentang Mbak Dian, lho. Jadi, setelah konsentrasi baca tips dan segala persoalan tentang dunia penerbitan buku, ketawa-ketiwi deh, baca komiknya. 

Dengan adanya niat dan tekad yang kuat, serta rasa cinta yang mendalam pada dunia kepenulisanlah yang akan membuatmu bertahan dan sukses. (hal. 139)
 -----------------------------------------------------

Entah ini bisa disebut review atau bukan, hehe... Intinya, ini salah satu buku yang nggak bosan saya baca. Jadi, setiap lagi buntu ide atau malas nulis, saya baca buku ini. Dan,,, jreng! Perlahan semangat saya kembali. Hehe...

No comments:

Post a Comment