Saturday, August 11, 2018

[Buku] Sila Ke-6: Kreatif Sampai Mati



Judul            : Sila Ke-6: Kreatif Sampai Mati
Penulis         : Wahyu Aditya (Waditya)
Penyunting  : Nurjannah Intan
Ilustrasi perancang sampul: Waditya
Penerbit       : PT. Bentang Pustaka
Cetakan/TahunTerbit: 6/November 2013
Halaman      : 302 halaman
ISBN              : 978-602-8811-99-6

Sampul buku Sila Ke-6: Kreatif Sampai Mati
Blurb:
Kreatif itu berbeda.
Kreatif itu membalikkan cara pandang.
Kreatif itu butuh niat kuat.
Ketika kita kecil, dunia adalah tempat bermain yang sangat luas. Segala sesuatu yang kita inginkan, dengan mudah terealisasi karena kita punya senjata yang sangat ampuh: imajinasi.
Setelah beranjak dewasa, semakin banyak peraturan yang mengekang imajinasi kita. Dan, rasa takut malah mengalahkan ide-ide yang berdesakan keluar. Tapi, kita sesungguhnya masih punya satu lagi senjata pamungkas: kreativitas.
Dikemas dengan konsep scratch book, ditulis dengan bahasa yang ringan, buku ini tidak menjual mimpi tetapi justru menyemai imajinasi Anda untuk tumbuh.
Kreatif itu ... SAMPAI MATI!

Ulasan:
Buku ini berisi 17 butir/bab. Mulai dari ‘butir 1: Cari duniamu!’ sampai ‘butir 17: Monoton? No way!’. Di setiap butirnya banyak quote-quote tentang kreatif. Dan ini menjadi salah satu halaman yang saya suka.
 
salah satu quote dalam buku
Di butir 1, kita akan diajak memahami bahwa kreativitas akan muncul ketika kita sudah menemukan dunia yang tepat. Layaknya Superman yang hilang kekuatannya saat berada di Planet Krypton, tetapi bisa menjadi pahlawan di planet Bumi. 

Sang penulis sendiri, Wahyu Aditya, adalah pendiri Hello Motion Academy. Banyak di antara siswa yang kursus di sana adri berbagai profesi yang jauh dari dunia industri kreatif. Seperti akuntan, PNS, salesman, koki, dll.
Kenapa mereka malah masuk ke sana? Jawabannya yakni untuk mengimbangi antara jiwa yang terbelenggu oleh sistem dan teriakan jiwa.

“Sejatinya keterbatasan adalah lahan subur di mana benih-benih kreativitas tumbuh. Tanpa adanya tantangan berupa batasan, kreativitas seperti enggan untuk muncul.” (hal. 112)

Kreativitas juga dimiliki oleh mereka yang mempunyai keterbatasan. Seperti sosok Phil Hansen. Saya sampai berdecak kagum membaca sekelumit kisah Phil Hansen ini.

Yang menariknya lagi adalah pembahasan pada Butir 10: Jangan Kalah Start. Di sini membahas salah satu karakter yang ada di Jepang. Karakter boneka yang laris dijual di Jepang ini bentuknya mirip cabai lancip. Ternyata eh ternyata, karakter ini terinspirasi dari kotoran manusia. Suatu hal yang di Indonesia ini terkesan menjijikan, tapi di Jepang malah dijadikan karakter dan laris manis, disuka banyak anak di sana. 
 
Contoh isi bagian dalam buku: Karakter boneka best seller di Jepang
Karakter ini dibuat dalam rangka mendidik anak balita agar mampu buang kotoran pada waktu dan tempat yang tepat. Imajinasi orang-orang Jepang memang luar biasa! Terbukti dari banyaknya animasi-animasi keren yang kebanyakan berasal dari Jepang. Hal ini berkaitan dengan orang-orang di sana yang banyak menggunakan gambar-gambar karakter lucu di hampir setiap tempat. Ini seperti brainstorming

“Kreatif adalah ketika kita mampu untuk mengurai sesuatu yang ada menjadi bentuk baru.” (hal 186)

Kita bisa melatih imajinasi kita lewat sebuah coretan gambar yang terlihat tidak jelas menjadi suatu gambar yang bisa diartikan. 

Pada Butir 13: Out of the box, kita disuguhi komik. Tidak ada pengertian tentang out of the box itu apa, tapi kita bisa memahami dari gambar-gambar dan secuil kalimat yang diberikan. Ini bagian yang menurut saya penyampainnya cerdas sekali.

Asiknya buku ini itu atraktif. Banyak gambar-gambar, foto-foto, bahkan tanda panah yang kelihatannya seperti coretan tangan kita. dan ini yang membuat saya tidak bosan membacanya.
Ditambah lagi ada gambar-gambar kecil di pojok kanan atas dan kiri atas. Yang jika kita perhatikan dan membuka bukunya secara cepat, akan terlihat bahwa gambarnya seolah bergerak atau berubah-ubah. Benar-benar dibuat oleh orang yang kreatif.

Intinya sih, isi buku ini sesuai dengan judulnya. Kereeeen!

Kretivitas itu bukan milik mereka saja yang bekerja di dunia industri kreatif, tapi kreativitas hak semua orang. Apapun pekerjaan kita, semoga kita bisa menjadi sosok kreatif yang turut membangun bangsa jadi lebih baik. Aamiin. 
---------------------------------------------------------------------------------------------------

Oke deh, itu dia salah satu isi rak buku saya. Saya memilihnya karena terpikat dengan isinya. Karena memang saya ingin menekuni dunia menulis (semoga bisa istiqomah). Nggak nyesel beli buku ini. Buku yang bisa membuat saya sedikit memahami tentang kreativitas dan belajar imajinasi. 
Sekian dari saya. Hmm,,, buku apa lagi ya yang bakal saya bahas? 😁

No comments:

Post a Comment