Saturday, September 29, 2018

[Buku] Dongeng Mini: Princess


Dongeng Mini: Princess

Judul: Dongeng Mini: Princess
Penulis: Watiek Ideo dan Fitri Kurniawan
Penyunting: Vassilisa Agata
Ilustrasi : Rendi Arrahman
Penata Letak: Angga Gusniardi
Desain: Maretta Gunawan
Penerbit: PT. Bhuana Ilmu Populer
Cetakan/TahunTerbit: 1/2014
Halaman: 313 halaman
ISBN 10: 602-249-625-X
ISBN 13: 978-602-249-625-0

Buku Dongeng Mini: Princess
Blurb:
Ini kisah petualangan para putri, yang bangga dengan kemampuan diri. Menyelesaikan masalah dengan cerdik, bersama teman-teman yang kreatif.
Yuk, belajar tampil percaya diri bersama para putri dalam dongeng mini!

Review:
Kisah tentang putri selalu menarik dibaca. Ada 18 kisah putri yang ada di buku ini. Dari 18 kisah ini, banyak sekali pelajaran yang bisa didapatkan. Seperti tentang kekeluargaan, keberanian, kerjasama, percaya diri, jangan sombong, mengendalikan emosi, belajar menerima takdir, dan masih banyak yang lainnya.

Dongeng pertama berjudul, ‘Putri Elnora dan Keju Rempah’. Menceritakan tentang Putri Elnora yang yatim piatu dan tinggal di negeri yang sangat miskin. Penasihat menyarankan agar beternak sapi perah. Putri pun meminjamkan uang kas kerajaan sebagai modal. Namun, susu yang dihasilkan mudah basi. Putri membaca buku di perpustakaan orang tuanya. Dari sana, Putri Elnora mendapat ide untuk membuat keju. 
Agar berbeda, Putri Elnora menyarankan menambahkan rempah-rempah. Para penduduk sempat ragu dan takut gagal. Namun, Putri Elnora berkata:
“Kita tak pernah tahu jika tak mencoba.” (Hal. 13)
Para penduduk akhirnya mau mencoba. Dan mereka berhasil. Negeri tempat tinggal Putri Elnora menjadi sangat kaya raya. Meski begitu, Sang Putri tetap dermawan.

Yang saya suka dari buku ini adalah kisah-kisahnya tidak hanya itu-itu saja. Saya jadi paham kalau kisah tentang putri bisa sangat bergam. Walaupun memang, menurut saya ada satu kisah yang terasa tidak asing dan kesannya sama seperti sebuah film animasi yang pernah saya tonton. Meski begitu, secara keseluruhan, ide-ide cerita di dalam buku ini bervariasi.

Buku ini ditulis oleh dua penulis kece yang karyanya sudah banyak. Meski ditulis oleh dua orang, kemampuan menyampaikan kisahnya tidak jauh berbeda. Sama-sama cakep. Jadi, nggak jomplang.

Oh iya, kata mini di sini bukan berarti putri-putri yang diceritakan ini masih anak-anak semua, tetapi karena ukuran bukunya yang mini. Tidak seperti ukuran buku kebanyakan. Ukurannya lebih kecil dari buku tulis. Jadi, nggak makan tempat kalau mau dibawa bepergian. Kualitas kertasnya juga oke.
Salah satu ilustrasi di dalam buku Dongeng Mini: princess

Ilustrasi di dalam buku ini terasa pas, tidak terlalu penuh dan tidak juga pelit ilustrasi. Padu padan yang pas antara kalimat dan ilustrasi. Dan saya rasa cukup nyaman di mata anak-anak.

--------------------------------------------------------------------------------------------------
 
Nah, itulah salah satu buku yang ada di rak buku saya. Masih ada banyak buku anak lainnya. Kapan-kapan saya share di sini.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Do'akan agar saya tetap semangat membaca dan menulis, ya. 😁


No comments:

Post a Comment