Tuesday, May 15, 2018

Cara Mengirim Cerpen Anak ke Lampung Post

Assalamu'alaikum

Hari ini saya mau berbagi cara kirim naskah ke koran. Kali ini ke Lampung Post. 
Lampung Post ini salah satu media yang masih menyediakan rubrik anak. Terima kasih, Lampost. 😀 
Rubrik Anak ini adanya setiap hari Minggu. Lumayan kan, ya. 

Buat kamu yang ingin mengirimkan naskah cernaknya, simak yuk, caranya! 

Kirim email (Sumber: Pixabay)

Ketentuan kirim:
  1. Jumlah kata sekitar 500-700an kata atau 3-4 halaman A4. 
  2. Spasi 1,5.
  3. Font yang digunakan Times New Roman atau Arial.
  4. Jangan lupa untuk mencantumkan biodata berisi: nama, alamat, no. hp, no. rekening. 
  5. Tulis kata pengantar di badan email.
  6. File naskah cerpen anak dilampirkan dalam bentuk word.
  7. Sertakan subject email. Saya biasa menuliskannya dengan format: CERNAK: JUDUL CERNAK_NAMA PENULIS
  8. Kirim emailnya ke: lampostminggu@yahoo.com
Ada honor untuk setiap karya yang dimuat. Biasanya honor masuk ke rekening 1-2 minggu setelah dimuat. Jika sampai 1 bulan tidak masuk, bisa langsung telepon ke redaksinya. Mereka baik, kok. 

Kadang kalau belum masuk, penyebabnya karena pihak redaksi belum memberikan no. rekening ke bagian keuangan. Atau kalau nggak, kita salah mencantumkan no. rekening. Salah atau kurang satu angka saja, bisa nggak masuk, lho. Jadi, lebih teliti ya kalau menuliskan no. rekening. Nggak mau kan, honornya nyangkut ke yang lain? Hehe...

Nah, teman-teman bisa membaca salah satu contoh cernak yang dimuat di Lampung Post di Cernak Lampung Post

Saya sendiri awalnya sebelum kirim naskah ke Lampung Post suka membaca cerpen anak yang pernah dimuat di sana. Dengan begitu, kita bisa tahu naskah seperti apa yang diinginkan redaksi. 

Oke deh, semoga tulisan ini bisa memberi banyak manfaat. 

Selemat menulis.

10 comments:

  1. Apa nanti ada konfirmasi saat cerpen dimuat? Atau langsung ditransfer honor walaupun tidak tau kalau cerpen dimuat? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada konfirmasi, Kak. Nanti langsung ditransfer. Tapi biasanya saya tahu dari grup FB Sastra Minggu. Di sana banyak info pemuatan karya.

      Delete
  2. bisa pakai nama pena ngga kak?

    ReplyDelete
  3. Hay saya reco fanansy saya ingin mengirimkan cerpen kehidupan saya,saya berasal dari kampung,Palembang Sumatra Selatan,tapi melalui hp,bagaimana cara nyya kak

    ReplyDelete
  4. Hai kak saya reco fanansy saya ingin membuat cerpen tentang kehidupan saya ,saya berasal dari kampung Palembang Sumatra Selatan,bagaimana cara nya ya to melalui hp??bls

    ReplyDelete
  5. Hai kak nama saya reco fanansy saya ingin mengirimkan cerpen kehidupan saya saya berasal dari kampung Palembang Sumatra Selatan bagaimana cara nya mengirimkan cerpen kehidupan saya

    ReplyDelete
  6. Hai kak nama saya reco fanansy saya ingin mengirimkan cerpen kehidupan saya saya berasal dari kampung, Palembang Sumatra Selatan bagaimana cara nya mengirimkan cerpen kehidupan saya,dimana alamatnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Kak Reco. Saya Lish dari Tegal. Salam kenal. Cerpen tentang kehidupan sendiri? Wah, tentunya harus sudah diolah dong ya, Kak. Untuk saat ini, saya tidak tahu apakah Lampung Post masih ada cernaknya atau tidak. Karena saya dulu ngirimnya cerpen anak. Coba Kak Reco gabung di grup FB Sastra Minggu. Siapa tahu bisa dapat info dari sana soal mengirim cerpen ke media.

      Delete
  7. terima kasih banyak infonya, barokalloh :)

    ReplyDelete